Ah…Ih…Cis…Cuh

Sebagai seorang anak semestinyalah berbakti kepada kedua orang tuanya. Tidak boleh sekalipun berkata ah…ih…cis…cuh…dll. kata2 atau perbuatan yg tidak pantas kepada kedua orang tuanya. Ibunya dengan kelelahan dan kesusahan 9 bulan lamanya mengandung, menyusuinya selama 2 tahun kemudian menyapihnya, mengasuhnya, mendidiknya dengan berharap kelak jadi anak yg berguna lagi sholeh. Tak terbetik sedikitpun dalam benaknya menjadikan anaknya pembangkang, koruptor, pelacur, pencuri, pemadat dll.

Ayahnya bekerja keras banting tulang mencari demi rizki yg halal lagi baik, siang malam mencurahkan keringat dan air mata dalam kerja dan doa. Kata orang sundanya mah suku dijieun hulu, hulu dijieun suku, tisuksruk ti dungdung melaan anak pamajikan. Demi mengharap anaknya jadi orang yg berguna lagi sholeh. Keinginannya si anak kelak dapat mengangkat harkat derajat, dan martabat kedua orang tuanya.

Sang anak pun semestinya juga menyadari bahwa suatu saat pun akan sampai kepada kondisi serupa orang tuanya punya anak. Tentunya tidak akan mau khan jika anaknya membangkang kepada kebenaran, tidak hormat kepada orang tuanya, merusak harga diri dan menjual kehormatan, dll.

Sayangnya arus perusakan moral lewat berbagai media telah merambah sampai pelosok desa menyerang berbagai usia dan jenis kelamin membuat seolah lumrah berburuk laku terhadap orang yg paling berjasa dalam keberadaannya di dunia ini. Kondisi ini sungguh menyedihkan mengingat anak2 dan pemuda/i adalah generasi penerus yg akan menggantikan para orang tuanya. Mudah2an hal2 tersebut di atas tidak terjadi.

3 Komentar »

  1. […] bilang ahh pada kedua orang tua, sungguh atas lantarannya dan kasih sayangnya kita lahir ke dunia ini. Selama […]

  2. sikabayan Said:

    euh.. memang mejedihkan atuh jaman sekarangmah mang ojon… banayak pelem2 yang anaknyah sampai berani tendang2 ibunyah… contoh durhaka yang bisa di tiru2 atuh…😦

  3. fathna Said:

    Makanya… dengerin lagu hamba..🙂


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: